Jumat, 13 April 2012

Panicum muticum


 


Panicum muticum

Klasifikasi :

Phyllum                : Spermatophyta
SubPhyllum          : Angiospermae
Classis                 : Monocotyledoneae
Ordo                     : Glumiflora
Familia                 : Gramineae
SubFamilia           : Panicurdeae
Genus                   : Panicum
Species                 : Panicum muticum

Penelitian bertujuan mengkaji karakteistik fotosintensis rumput gajah dan rumput kolonjonodengan pemberian pupuk organik pada tanah cekaman kemasaman.Penelitian dilaksanakandirumah kaca Labotarium Ilmu Tanaman Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro Semarang. Penelitian dimulai pada bulan November 2004 sampai Februari 2005. Analisis tanah dan pupuk organik dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Materi yang digunakan dalam penelitian adalah stek rumput gajah dan rumput kolonjono, tanah di Tembalang, bahan yang digunakan adalah pupuk organik, pupuk urea, pupuk SP36, pupuk KC1, larutan A12(SO4)3 16mM, larutan NaOH 0,4%, lautan BaC12 5%, indicator PP, HC1 0,1N dan acetone 80% Peralatan yang digunakan sekop, timbangan Satorius dengan ketelitian 0,01 g, pot plastik, gunting, keodong
plastik, plastik klip, spuit, pipet, Erlenmeyer, buret dan statif, gelas ukur, labu ukur, tali
pengikat, amplop, lumping porselen, kertas saring, spektofotometer. Rancangan percobaan yang digunakan adalah ancangan acak lengkap (RAL) pola faktoial 4x2 dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah dosis pupuk organik yaitu: 0% (T0), 1,5% C organik tanah (T1), 3% C oganik tanah (T2), 4,5% C oganik tanah (T3). Faktor kedua adalah jenis rumput, yaitu rumput gajah (R1) dan rumput kolonjono (R2). Parameter yang diamati meliputi kadar klorofil, luas daun dan laju fotositensis.

            Data hasil penelitian diolah menggunakan analisis ragam dan dilanjutkan dengan uji Wilayah Ganda Duncan dan uji Polynominal Orthogonal. Hasil penelitian menunjukan bahwa pupuk oganik pada tanah cekaman kemasaman memberi pengaruh nyata (p<0,05) terhadap luas daun, laju fotosintensis rumput gajah dan rumputkolonjono. Penambahan pupuk organik pada tanah cekaman kemasaman memberikanpengaruh tidak nyata (p>0,05) terhadap kadar klorofil kedua jenis rumput.Kesimpulan daripenelitian adalah penambahan pupuk organik pada tanah cekaman kemasaman meningkatkan luas daun tetapi menurunkan kadar klorofil dan laju fotosintensis pada keduajenis rumput.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar